Rabu, 17 Agustus 2011

Dunia IT Indonesia Belum Merdeka

Hmmm Kita boleh bangga tanggal 17 Agustus Adalah Hari kemerdekaan bangsa Indonesia, Apakah kita pernah berfikir bahwa dunia IT di Indonesia Belum merdeka?...

 
Terbukti Di dunia IT, kita masih sebatas pengguna produk saja. Kalaupun membuat produk, tetap saja bergantung pada tool dan teknologi/platform dari vendor asing. Saya belum mendengar ada Operating System, Compiler, Database, dan semacamnya yang fundamental yang dibuat oleh anak bangsa ini. Mungkin ada, tapi tidak tertangkap radar saya. Apa karena memang kurang dipromosikan, atau memang merupakan produk yang inferior sehingga agak malu-malu untuk dipromosikan.

Bisa juga karena brain drain, otak-otak terbaik IT bangsa ini memilih mengabdi di perusahaan-perusahaan asing tersebut. Sebagai ilustrasi, ada orang Indonesia yang menjadi "Lead Software Design Engineer in Test" di team C++ compiler di Microsoft! Tapi tetap saja, jumlahnya sedikit. Selain jumlah orang yang menekuni bidang fundamental tadi sedikit dan bekerja untuk vendor asing, jumlah R&D di bidang fundamental tadi di Indonesia juga sangat sedikit. Kampus di Indonesia lebih banyak berkutat pada bidang Sistem Informasi semata, yang notabene adalah implementasi dari produk-produk vendor asing tersebut. Sebagian besar malah hanya sebatas implementasi Sistem Informasi di suatu perusahaan. Betapa menyedihkan.

Mari kita bersama" mengembangkan Dunia IT kita agar bisa merdeka seperti china, India dan negara-negara yang sudah bisa mandiri ITnya.

Merdeka Merdeka
Merdeka Indonesiaku
Merdeka tanah Airku

Satu Nusa Satu Bangsa
satu Bahasa Yakni Indonesia
Dari sabang sampai meroke Adalah kedaulatan NKRI

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno).


0 komentar:

Posting Komentar

Toggle

About Me

jQuery